Minggu, 08 Januari 2017

Introduction

Teknik perkapalan adalah suatu disiplin ilmu teknik yang mempelajari sebuah sistem kerja kapal yang menyangkut perencanaan dan pembangunan sebuah kapal mulai dari bentuk badan kapal dan rencana umum, kebutuhan daya mesin, struktur dan stabilitas, serta pengoperasian kapal yang sudah jadi untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam hal sarana transportasi. dalam bidang keahliahlian Teknik perkapalan dibagi menjadi beberapa bidang keahlian yaitu:


  1. Perencanaan dan Transportasi Laut : Adalah bidang yang di fokuskan untuk perencanaan pemakaian jenis kapal,peruntukannya dan managemen pelayaran serta pembangunan pelabuhan.
  2. Hidrodinamika : adalah bidang yang difokuskan untuk menganalisis bentuk badan kapal dan propeller kapal dalam mengefesiensikan dalam bentuk hidrodinamika.
  3. Konstruksi dan Kekuatan : Kapal adalah bidang yang difokuskan mengenai masalah perencanaan konstruksi, analisa kekuatan dan getaran pada kapal
  4. Teknik Produksi Kapal :, adalah bidang yang difokuskan pada perencanaan,pengelolaan pembangunan kapal  serta reparasi kapal dan perencanaan galangan.
Lapangan pekerjaan bagi para lulusan  sarjana  perkapalan  cukup banyak, namun  terkesan tidak  umum  dibandingkan lulusan-lulusan  teknik  lainnya. Setidaknya lowongan kerja lulusan perkapalan tidak semudah mendapatkan lowongan kerja bagi para lulusan jurusan sipil, jurusan mesin maupun jurusan elektro yang dapat kita temui di berbagai media cetak dan media online. Area kerja para lulusan perkapalan juga tidak begitu umum kecuali bagi mereka yang mau bekerja dimana saja tentunya (lowongan kerja untuk semua jurusan maksudnya), kebanyakan berpusat di kota  yang  memiliki galangan kapal atau semacamnya seperti di kepulauan riau, jakarta, jawa timur, kalimantan dan sulawesi.



Namun pada dasarnya perkapalan sebenarnya memiliki prospek yang cerah di masa depan, mengingat negara kita adalah salah satu negara dengan luas garis pantai terpanjang di dunia dengan lebih dari 17000 pulau yang tersebar di seluruh wilayah  Nusantara.  Kapal  sebagai  jembatan penghubung  sangatlah diperlukan.  Menurut catatan Harian Kompas, setidaknya hingga tahun 2016 sekitar 16.142 kapal  yang beroprasi  di  indonesia  sedangkan  galangan  yang ada di  indonesia  hanya  berjumlah  250 galangan dan yang aktif ada 81 galangan, padahal untuk  jumlah kapal yang ada diindonesia setidaknya membutuhkan 300 galangan aktif agar seluruh kapal dapat dilayani. Itulah mengapa  saat  ini  lulusan  teknik perkapalan adalah  salah satu lulusan yang punya masa depan cerah,tentunya ini merupakan peluang yang harus dimanfaatkan pemerintah untuk mencetak sebanyak-banyaknya insinyur yang kompeten dibidang perkapalan ini.

1 komentar:

  1. Terimakasih infonya sangat bermanfaat
    jangan lupa kunjungi web kami
    www.ppns.ac.id

    BalasHapus