Selasa, 10 Januari 2017

OWNER SURVEYOR

Seorang Owner Surveyor Sedang Inspeksi Hasil Pengelasan Kapal.

Dalam dunia maritim ada berbagai macam surveyor, ada surveyor muatan, surveyor class dan yang terakhir adalah owner surveyor atau bisa juga disebut orang yang mewakili kepentingan pemilik kapal yang ditunjuk oleh si pemilik modal (Owner) untuk mengawasi pembangunan atau reparasi kapal mereka. Mereka dituntut untuk memastikan beberapa hal terkait pembangunan atau reparasi kapal mereka.

1. Prosedur Kerja.

Seorang Owner surveyor atau disebut OS haruslah memastikan apakah didalam pembangunan kapal sesuai dengan Standar prosedur kerja yang telah ditetapkan oleh badan klasifikasi atau belum.

2. Spesifikasi Teknis

Seorang OS harus selalu memastikan semua bahan dan material harus sesuai spesifikasi teknis yang telah disepakati didalam kontrak,peletakan komponen apakah telah sesuai perencanaan,dan semua item-item yang ada didalam BOQ (bill of quantity) harus sesuai kontrak atau paling tidak sesuai standard yang ditetapkan oleh pemerintah atau pihak yang berwenang (class).

3. Desain 

Owner surveyor juga bertugas untuk memeriksa desain yang diajukan oleh kontraktor pembangunan kapal dalam hal ini pihak galangan, dia akan memastikan apakah desain tersebut sudah sesuai dengan keinginan sang pemilik kapal (owner).

4. Perencanaan 

Terakhir tugas seorang owner surveyor adalah melaporkan kepada sang pemilik perkembangan pembangunan kapal melalui sebuah laporan progres fisik. Memastikan jadwal kedatangan dan pembangunan material.

Dalam perkembangannya seorang owner surveyor haruslah orang yang berpengalaman dibidang pembangunan kapal, setidaknya pernah bekerja digalangan kapal sehingga pengalaman teknisnya bisa di aplikasikan saat menjabat sebagai seorang owner surveyor. Sebagai wakil dari pemilik kapal OS ini mempunyai peranan yang sangat penting dalam pembangunan kapal sehingga dituntutlah harus mempunyai kecakapan dalam hal:


a. Komunikasi

Mengapa harus cakap dalam berkomunikasi, karena dalam setiap pembangunan atau reparasi kapal selalu saja timbul perbedaan pendapat antara pihak kontraktor dan pihak owner, atau bisa juga antara pihak owner dan pihak class.

b. Kompetensi.

Tentu kemampuan atau kompetensi haruslah mencukupi sehingga apa yang menjadi tugas seorang owner surveyor mampu dipertanggung jawabkan.

c. Pengalaman

Point ini juga merupakan hal yang sangat penting, apalagi jika seorang owner surveyor baru mengenal kapal itu akan menyulitkan, setidaknya seorang owner surveyor harus mampu mengenal bagian-bagian kapal.

d. Ekonomis 

Kecakapan dalam hal ekonomis ini sangatlah dibutuhkan, karena dapat menghemat pengeluaran sang pemilik kapal, namun jangan lupa setiap material dan prosedur harus tetap sesuai standar yang ditetapkan.

Keempat kecakapan diatas harus dimiliki oleh seorang OS sehingga kapal yang dibangun bisa efisien namun dengan standar mutu yang baik. Seorang OS bahkan berhak menolak jika dalam pembangunan ada sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginan sang pemilik. Itulah gambaran sekilas mengenai seorang owner surveyor baik itu fungsi dan kecakapan-kecakapan yang harus dimilikinya mudah-mudahan bermanfaat. (FTR)

1 komentar:

  1. PT. MEKARJATI JAYA LESTARI
    Consultan , Penerbit Jaminan Bank Garansi & Jaminan Surety Bond, Tender Projec Non Collatral / Tanpa Agunan

    UNTUK SP2D KITA JUGA SIAP BANTU TERBITKAN SECEPATNYA

    RATE TERLAMPIR MASIH BISA DINEGOSIASIKAN KEMBALI

    Hubngi : Agus Shanjaya

    WA : 0812 9854 6444

    Telp . 021 - 2983 3066

    Fax . 021 - 2983 3067

    E-mail : agusshanjaya204@gmail.com

    BalasHapus